Jumat, 28 Juni 2013

TUNTUTAN PASAL 310 KUHP (DELNEMING)



KEJAKSAAN NEGERI ..................

SURAT TUNTUTAN
NO.REG.PRK : PDM- ....../..../Ep.2/06 /2013

            Jaksa Penuntut Umum pada Kejaksaan Negeri Amurang dengan memperhatikan hasil persidangan dalam perkara atas nama terdakwa :

  I.     Nama lengkap     
          Tempat lahir        :
          Umur / Tgl lahir  :
          Jenis kelamin      : Laki-laki
          Kebangsaan         : Indonesia
Tempat tinggal    :  
          Agama                 : Kristen Protestan
          Pekerjaan             :T a n i
          Pendidikan          :SMP

 II.     Nama lengkap     
          Tempat lahir        
          Umur / Tgl lahir   :
          Jenis kelamin        : Laki-laki
          Kebangsaan           : Indonesia
Tempat tinggal     :  
          Agama                  : Kristen Protestan
          Pekerjaan             : -
          Pendidikan           : -

 III.    Nama lengkap     
          Tempat lahir         :
          Umur / Tgl lahir   :
          Jenis kelamin        : Laki-laki
          Kebangsaan           : Indonesia
Tempat tinggal    
          Agama                  : Kristen Protestan
          Pekerjaan             : Tukang Ojek
          Pendidikan           : -

            Berdasarkan Surat Pelimpahan Acara Pemeriksaan Singkat Nomor : B-...  R.1.16/Ep.2/06/2013 tanggal ... Bulan .... Tahun 2013 terdakwa dihadapkan kedepan persidangan dengan catatan Penuntut Umum sebagaimana  diatur dan di ancam pidana pada pasal 351 ayat (1) KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke- 1 KUHP, yang mana  telah di bacakan pada awal persidangan.

           fakta-fakta yang terungkap dalam pemeriksaan di persidangan secara berturut-turut berupa keteragan saksi-saksi, Bukti Surat, keterangan Terdakwa antara lain : Keterangan saksi .... ( Korban ), saksi ...... Saksi ........., keterangan mana sebagaimana termuat dalam catatan sidang Penuntut Umum, serta tertuang pula dalam Berita Acara Pemeriksaan para saksi dalam Berkas Perkara yang di buat oleh Penyidik dan telah di ajukan dipersidangan Bukti Surat berupa Visum Et Repertum Nomor : ..../VER/RS/VI/2013 tanggal .....  tahun 2013 yang di buat dan di tandatangani oleh dr........, Dokter pada rumah sakit ............... dengan hasil pemeriksaan “ Bengkak pada tulang pipi kiri ukuran dua centimeter kali dua centimeter dan memar ukuran dua centimeter kali dua centimeter “ selanjutnya telah  didengar keterangan Para Terdakwa yaitu Terdakwa I ............ Terdakwa II ............, serta Terdakwa III ............, di mana keterangan para Terdakwa ini pada intinya membenarkan perbuatannya melalui keterangan para saksi terutama saksi korban.

                Berdasarkan fakta-fakta yang terungkap dalam persidangan, maka sampailah kami kepada pembuktian mengenai unsur-unsur tindak pidana yang di dakwakan, yaitu :Dakwaan Tunggal yaitu sebagaimana di atur dan di ancam pidana pada pasal 351 ayat (1) KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke- 1 KUHP, dengan unsur-unsur sebagai berikut :
Ad.1.Unsur Barang siapa
Bahwa yang dimaksud dengan unsur barang siapa disini adalah siapa saja sebagai subjek hukum baik orang maupun badan hukum yang melakukan suatu tindak pidana dan dalam perbuatannya dapat dipertanggung jawabkan, bahwa dalam Catatan Penuntut Umum tercantum nama dan identitas Terdakwa I ..........., Terdakwa II ............, Terdakwa III ............. dan setelah dipertanyakan kepadanya Para Terdakwa membenarkannya sejak tahap Penyidikan sampai persidangan, selanjutnya para saksi juga telah menerangkan bahwa para terdakwalah sebagai pelaku yang beridentitas tersebut di atas, di samping itu Para Terdakwa kedapatan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, bahkan tidak di temukan pula adanya alasan pembenar serta pemaaf pada diri para terdakwa yang dapat menghapus pidana yang di lakukannya.
Sehingga Unsur ini telah terpenuhi ;
Ad. 2.Unsur Sengaja menimbulkan rasa sakit atau luka “
          Bahwa Undang-undang tidak memberi ketentuan apakah yang di artikan dengan Penganiayaan (Mishandeling) itu.Menurut Yurisprudensi yang di artikan Penganiayaan yaitu Sengaja Menyebabkan Perasaan tidak Enak ( Penderitaan ), rasa sakit atau Luka atau “ Sengaja Merusak Kesehatan Orang “ , berdasarkan fakta-fakta yang terungkap dalam persidangan yaitu berupa keterangan para saksi antara lain saksi korban, bukti surat berupa Visum  serta adanya pengakuan dari para  terdakwa, yang menerangkan dengan benar bahwa pada hari Selasa tanggal .... Januari 2013 sekitar pukul 17.30 wita bertempat di .......................  telah melakukan Penganiayaan terhadap saksi korban .................. dengan cara ketika korban sedang bermain Skeadboat lalu datang para terdakwa secara bersama-sama melakukan pemukulan datang melakukan tindak pidana Pencemran Nama Baik yakni korban ...........dengan mengatakan  .................... dengan teriakan Terdakwa tersebut kendatipun korban tidak berada disitu tapi membuat malu dan mencemari nama baik korban selaku orang dewasa yang di hormati dan tidak cacat kelakuannya karena apa yang dikatakan Terdakwa kenyataannya tidaklah demikian, melainkan dilatar belakangi Terdakwa kesal atau sakit hati di karenakan korban sebagai ketua kelompok nelayan akan menarik motor tempel atau motor laut atau perahu sekalian yang dioperasikan  anak Terdakwa yaitu bernama .................... sebagai anggota kelompok nelayan yang mendapat bantuan kredit oleh Bank BRI pada Tahun 2003,selain itu pula .............. oleh korban dibebankan harus menanggung uang pengembalian sebesar Rp. 12.000.000,- (dua belas juta rupiah), dengan demikian bukan korban telah memakai uang sebanyak Rp. 300.00.000,- oleh Bank mandiri namun kelompok nelayan di berikan bantuan kredit lunak oleh Bank Mandiri guna menunjang pengembangan uasaha dibidang perikanan dimana korban sebagai ketuanya.

        Demikian unsur ini telah terpenuhi.

Berdasarkan uraian tersebut di atas kami selaku Penuntut Umum berkesimpulan, di mana Terdakwa ............... telah  terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah  melakukan tindak  pidanaSengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang  sebagaimana yang kami uraikan dalam catatan Penuntut Umum yaitu melanggar  pasal 310 ayat (1)  KUHP.

Sebelum kami sampai pada Tuntutan Pidana atas diri Terdakwa, perkenankanlah kami selaku Penuntut Umum untuk mengajukan hal-hal yang menjadikan pertimbangan, yaitu :

Hal-hal yang memberatkan :
-         Sifat dari perbuatan terdakwa itu sendiri
Hal-hal yang maringankan :
-         Terdakwa belum pernah dihukum.
     -    Terdakwa mempunyai tanggung jawab suami yang sedang sakit
     
     
     Berdasarkan uraian dimaksud, kami selaku Penuntut Umum dalam perkara ini dengan memperhatikan ketentuan perundang-undangan yang bersangkutan





                                               M  E  N  U  N  T  U  T


     Supaya Hakim pada Pengadilan Negeri ................ yang memeriksa dan mengadili perkara ini, memutuskan:

1. Menyatakan terdakwa ................... bersalah melakukan tindak pidana Sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang “, sebagaimana diatur dalam catatan Penuntut Umum yaitu melanggar pasal 310 ayat (1) KUHP.

2.  Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 6 (enam) Bulan penjara dengan masa percobaan 1 (satu) tahun

3. Menetapkan agar terdakwa dibebani untuk  membayar  biaya   perkara sebasar   Rp 1.000,- (seribu rupiah).

     Demikian tuntutan pidana ini kami bacakan dan diserahkan pada sidang hari ini  Kamis  tanggal  ..... Tahun 2013.



    ......., ........ JUNI 2013
                                                                  JAKSA PENUNTUT UMUM



                                                                      ROY R. PANGKEY, SH
       JAKSA MUDA...............   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar